Senin, 12 Desember 2016

Apa Yang Akan Terjadi Jika Seorang Anak Sering Melihat Orang Tuanya Bertengkar ?

Bertengkar dalam sebuah rumah tangga mungkin sering terjadi. Namun bagaimana jika pertengkaran orang tua tersebut disaksikan oleh anak ?. Dalam pertengkaran orang tua, sering kali kita mendengar kata-kata yang buruk, kontak fisik maupun terkadang diselingi dengan membanting barang. Jika hal ini disaksikan anak, maka efeknya akan buruk bagi anak.
Hal ini juga dibenarkan oleh salah seorang Psikolog yang mengatakan bahwa jika anak sering melihat orang tuanya bertengkar, maka dampaknya sangat buruk bagi perkembangan psikologis anak.
sumber gambar : http://melindahospital.com/

Dia mengungkapkan bahwa meskipun anak hanya melihat saja, tetapi hal ini sangat mempengaruhi psikologi anak.
Kita tahu bahwa orang tua merupakan role model atau contoh bagi anak-anak kita. kalau orang tua sering bertengkar dan dilihat oleh anak, maka efeknya bisa membuat anak suka dengan hal kekerasan. Selain itu anak juga akan mengalami rasa takut dan bingung.
Menurutnya seorang anak membutuhkan sebuah ruang lingkup yang mendukung untuk tumbuh menjadi pribadi yang baik. Dengan suasana keluarga yang sering bertengkar, maka tidak bisa mendukung seorang anak untuk tumbuh sehat dan menjadi pribadi yang baik pula.
Bagi seorang anak remaja, melihat orang tua yang sering bertengkar akan berdampak pada prestasi akademik. Anak remaja juga akan mengalami gangguan dalam mencari jati diri.
Pada intinya adalah terjadinya sebuah kekerasan dalam keluarga seperti orang tua yang sering bertengkar akan memberikan dampak yang tidak baik bagi perkembangan fisik dan mental anak.

Namun bukan sebuah kepastian bahwa anak yang tumbuh dari keluarga yang sering mengalami pertengkaran orang tua pasti akan menjadi anak yang buruk. Ada juga anak yang berhasil dari sebuah pengalaman buruk orang tua yang sering bertengkar. 

0 komentar:

Posting Komentar