Minggu, 11 Desember 2016

Benarkah Seorang Wanita Akan Terlihat Cepat Tua Setelah Punya Anak ?

Ternyata anggapan seorang wanita akan terlebih cepat tua setelah mempunyai anak benar adanya. Hal ini diperkuat dengan adanya sebuah hasil studi yang menyebutkan kalau seorang wanita setelah mempunyai anak satu atau lebih, maka mengalami proses penuaan secara alami lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang belum mempunyai anak.
Penuaan ini bersifat biologis yang terjadi secara alami yang terjadi pada beberapa anggota tubuh. Salah satunya yang paling tampak adalah pada kulit yang terlihat lebih tua.
sumber gambar : metrotvnews.com

Ada banyak faktor yang menyebabkan wanita setelah melahirkan anak mengalami proses penuaan yang lebih cepat. Beberapa diantaranya adalah stres yang terjadi saat hamil, menghadapi persalinan, dan stres yang dialami saat membesarkan anak.
Studi tentang wanita pasca melahirkan yang mengalami proses penuaan lebih cepat dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Georgia Mason University yang berada di Virginia AS. Dalam studi tersebut didapatkan bahwa wanita pasca melahirkan akan mengalami penyusutan telomeres menjadi lebih pendek.
Apa Itu telomeres ? Merupakan bagian dari Kromosom yang terletak pada bagian ujung. Pada bagian ini menjadi sebuah patokan bagi kebanyakan ilmuwan untuk mengukur usia biologis seseorang.
Artinya adalah telomeres tersebut mempunyai fungsi menjaga dari kerusakan sel yang disebabkan karena faktor usia. Jika telomeres seseorang semakin panjang, maka menjadi indikator kinerja sel yang berjalan dengan baik.
Saat usia seseorang bertambah, maka secara alami telomeres ini mengalami pemendekan. Kondisi telomeres yang pendek juga erat kaitannya dengan resiko kesehatan yang meningkat bagi seseorang.
Dalam studi tersebut diketahui bahwa ada beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi panjang pendeknya sebuah telomeres, diantaranya adalah usia, indeks massa tubuh dan kebiasaan yang buruk seperti merokok.
Bagi seorang wanita yang mengalami stres kronis yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka bisa menyebabkan telomeres memendek dengan lebih cepat.

Oleh karena itu bagi seorang wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk tidak stres. Baik stres selama kehamilan berlangsung maupun saat menyongsong persalinan. Untuk menghindari ini semua penting sekali merubah gaya hidup yang lebih sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta tetap aktif bergerak. 

0 komentar:

Posting Komentar