Jumat, 09 Desember 2016

Bagaimana Cara Mencegah Agar Makanan Bebas Dari Migrasi Bakteri ?

Tidak dipungkiri bahwa ada resiko sebuah makanan terkontaminasi sebuah bakteri atau mikroorganisme yang bisa menyebabkan masalah kesehatan. Migrasi suatu bakteri ke makanan bisa disebabkan karena kemasan yang terbuat dari bahan dasar kertas daur ulang. Resiko ini lebih besar lagi jika makanan tersebut mengandung sebuah cairan.


Menurut sebuah hasil studi yang dilakukan LIPI pada tahun 2014 menyebutkan abhwa ada sekitar 1,5 juta koloni bakteri dalam setiap gram yang terkandung dalam kemasan yang terbuat dari kertas daur ulang. Selain bakteri, ada beberapa zat lain yang juga terkandung seperti logam berat dan mineral oil yang berbahaya bagi kesehatan. 
Kontaminasi Makanan Yang dibungkus


Berbicara tentang jenis kemasan yang berbahan dasar kertas daur ulang, maka diketahui bahwa pada bagian dalam yang berwarna abu-abu merupakan bagian yang paling banyak rentan terkontaminasi bakteri dan zat berbahaya.


Untuk mencegah potensi migrasi bakteri dan zat berbahaya pada jenis makanan kemasan, maka menurut para pakar kesehatan harus menggunakan kemasan yang food grade atau aman. Caranya adalah dengan membuat kemasan makanan dengan bahan serat alami. Adapun ciri kemasan makanan yang baik adalah mempunyai warna yang putih dan bersih, tidak tembus dengan minyak dan tak ada bintik-bintik.


Tentang bahan kemasan pembungkus nasi yang berlapiskan plastik, maka hal ini sangat baik untuk mencegah potensi sentuhan atau kontak antara nasi dengan bakteri yang berasal dari kemasan berbahan dasar kertas daur ulang.


Selain mencegah migrasi makanan dengan menggunakan kemasan yang lebih food grade, sangat disarankan pula untuk tidak membiarkan makanan dalam kondisi yang lama dalam sebuah kemasan. Jangan biasakan saat membeli suatu makanan selalu berada dalam kemasan atau dus, sebaiknya keluarkan dan segera pindahkan ke wadah yang lebih aman.


Suatu makanan yang terkontaminasi dengan beberapa zat atau bakteri bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi diantaranya adalah kanker, gangguan pada hati, dan masalah kelenjar getah bening. Terkait dengan zat-zat berbahaya pada kemasan makanan bisa memicu terjadinya asma dan mutasi gen.


Ada beberapa jenis makanan yang memang sangat rentan untuk terjadi migrasi atau kontaminasi bakteri dan zat berbahaya seperti makanan yang panas, berminyak dan banyak mengandung cairan. 

Artikel Terkait : Tips Mengenali Produk Perawatan Yang Tak Layak Lagi digunakan

0 komentar:

Posting Komentar